- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
|
JL. S. Tirtayasa Simpang Tiga, Kel. Ramanuju, Kec.
Purwakarta Kota Cilegon Prov. Banten |
Lingkup
Pendidikan |
SMK Madinatul Hadid Cilegon |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar peserta
didik |
Penulis
|
Yusroni |
Tanggal
|
8 Desember 2022 |
Situasi: Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
1.
Motifasi
peserta didik dalam mengikuti pembelajaran masih terbilang rendah 2.
Pembelajaran
yang cendrung belum berkolaborasi dengan peserta didik dan metode yang
cendrung monoton 3.
Pembelajaran
dilakukan paling banyak siang hari 4.
Waktu
belajar tidak seperti biasanya, Butuh waktu tambahan untuk mempersiapkan
pembelajaran 5.
Praktik
ini penting dilakukan untuk melihat perbedaan hasil pembelajaran dengan
metode yang inonvatif 6.
Peran guru
memahami dan melaksanakan model pembelakjaran inovatif |
Tantangan : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, |
1. Konsentrasi
peserta didik yang rentan menurun
didera dengan rasa kantuk dan bosan. 2. sarana
pembelajaran yang kurang memadai, baik dari jaringan internet dan pendingin
ruanga 3. Guru
harus lebih memahami kondisi siswa untuk dapat menumbuhkan motivasi belajar
peserta didik melalui pembelajaran yang inovatif yang melibatkan peserta
didik 4. Penggunaan
media pembelajaran menarik untuk meningkatkan daya Tarik dan motivasi belajar 5. Yang
terlibat dalam pelaksanaan ppl dan pembelajaran ini adala, wakasek kurikulum
danwali kelas |
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
1.
Langkahh
yang dilakukan untuk menghadapi taantangan yaitu dengan memberikan
icebreaking dan motivasi siswa dangan kontekstual 2.
Strategi
yang di gunakan yaitu dengan melaksanakan model pembelajaran yang kolaboratif
dan inovatif.a dapun proses pelaksanaan PPL.1 sampai dengan PPL.4: yaitu Model
Discovery Learning, TGT, PBL yang saya pilih untuk pembelajaran pada kegiatan
PPL ini. 3.
Media
yang digunakan dalam pembelajaran yaitu vidio pembelajaran PPT dan Google
form |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang
dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
1.
Dampak
dilakukannya icebreaking peserta didik lebih fokus untuk mengikuti
pembelajaran 2.
Dengan
model pembelajaran Kooperatif TGT (team games tournament) peserta didik lebih
semangat dalam melakukan pembelajaran dikarenakan di akhir ada apresiasi 3.
Dengan
model PBL peserta didik merasa tertarik dan semangat untuk menyelesaiakan
masalah yang di sajikan sehingga secara mandiri peserta didik melakukan
literasi dan eksplorasi pembelajaran 4.
Dengan
model discovery learning peserta didik aktif secara mandiri dengan topik
materi yang ditentukan untuk di teliti. 5.
Penggunaan
media PPT dan vidio pembelajaran lebih meningkatkan semangat siswa dan fokus
untuk mengikuti pembelajaran dibandingkan dengan hanya menggunakan buku teks 6.
Hasil dari
metode pembelajaran inovatif hasilnya efektif unntuk meningkatkan keaktifan
peserta didik dan motifasi belajar 7.
Respon
dari kurikulum untuk penggunaan pembelajaran inovatif yaitu sangat baik di
terapkan, terlebih pembelajaran yang berfokus pada peserta didik dalam
kurikulum merdeka |
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar