REFLEKSI PPL PPG KATEGORI 2 TAHUN 2022

 Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

JL. S. Tirtayasa Simpang Tiga, Kel. Ramanuju, Kec. Purwakarta Kota Cilegon Prov. Banten

Lingkup Pendidikan

SMK Madinatul Hadid Cilegon

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar peserta didik

Penulis

Yusroni

Tanggal

8 Desember 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

1.   Motifasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran masih terbilang rendah

2.   Pembelajaran yang cendrung belum berkolaborasi dengan peserta didik dan metode yang cendrung monoton

3.   Pembelajaran dilakukan paling banyak siang hari

4.   Waktu belajar tidak seperti biasanya, Butuh waktu tambahan untuk mempersiapkan pembelajaran

5.   Praktik ini penting dilakukan untuk melihat perbedaan hasil pembelajaran dengan metode yang inonvatif

6.   Peran guru memahami dan melaksanakan model pembelakjaran inovatif

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

1.   Konsentrasi peserta didik yang  rentan menurun didera dengan rasa kantuk dan bosan.

2.   sarana pembelajaran yang kurang memadai, baik dari jaringan internet dan pendingin ruanga

3.   Guru harus lebih memahami kondisi siswa untuk dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik melalui pembelajaran yang inovatif yang melibatkan peserta didik

4.   Penggunaan media pembelajaran menarik untuk meningkatkan daya Tarik dan motivasi belajar

5.   Yang terlibat dalam pelaksanaan ppl dan pembelajaran ini adala, wakasek kurikulum danwali kelas

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

1.   Langkahh yang dilakukan untuk menghadapi taantangan yaitu dengan memberikan icebreaking dan motivasi siswa dangan kontekstual

2.   Strategi yang di gunakan yaitu dengan melaksanakan model pembelajaran yang kolaboratif dan inovatif.a dapun proses pelaksanaan  PPL.1 sampai dengan PPL.4: yaitu Model Discovery Learning, TGT, PBL yang saya pilih untuk pembelajaran pada kegiatan PPL ini.

3.   Media yang digunakan dalam pembelajaran yaitu vidio pembelajaran PPT dan Google form

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

1.   Dampak dilakukannya icebreaking peserta didik lebih fokus untuk mengikuti pembelajaran

2.   Dengan model pembelajaran Kooperatif TGT (team games tournament) peserta didik lebih semangat dalam melakukan pembelajaran dikarenakan di akhir ada apresiasi

3.   Dengan model PBL peserta didik merasa tertarik dan semangat untuk menyelesaiakan masalah yang di sajikan sehingga secara mandiri peserta didik melakukan literasi dan eksplorasi pembelajaran

4.   Dengan model discovery learning peserta didik aktif secara mandiri dengan topik materi yang ditentukan untuk di teliti.

5.   Penggunaan media PPT dan vidio pembelajaran lebih meningkatkan semangat siswa dan fokus untuk mengikuti pembelajaran dibandingkan dengan hanya menggunakan buku teks

6.   Hasil dari metode pembelajaran inovatif hasilnya efektif unntuk meningkatkan keaktifan peserta didik dan motifasi belajar

7.   Respon dari kurikulum untuk penggunaan pembelajaran inovatif yaitu sangat baik di terapkan, terlebih pembelajaran yang berfokus pada peserta didik dalam kurikulum merdeka


Komentar